Gejala Dini Tumor Otak

24 Gejala Dini Penyakit Tumor di OtakGejala Dini Tumor Otak merupakan hal penting yang harus kalian ketahui untuk mengurangi resiko kematian yang di sebabkan oleh tumor otak.

Tumor merupakan sebuah abnormalitas dalam tubuh yang memiliki sifat non kanker, dan hal ini sering di sebut oleh dokter dengan tumor otak jinak. Dan apabila tumor tersebut bersifat kanker, atau dapat berkembang, maka bisa di sebut tumor otak ganas.

Tingkat dari tumor ini berbeda-beda, dimana kalian dapat menemukan tumor tersebut tumbuh secara perlahan, bahknan ada tumor yang memiliki kecepatan tumbuh yang sangat cepat. Baca juga: Bahaya Serangan Penyakit Jantung

Gejala Dini Penyakit Tumor di Otak

Tingkat keganasannya dapat di sebabkan oleh beberapa hal, contohnya seperti dimana lokasi tumor tersebut tumbuh, lalu gejala penyakit apa saja yang di sebabkan oleh tumor, dan saraf apa saja yang terganggu akibat adanya tumor di otak tersebut.

Dan berikut ini adalah beberapa gejala dini pada penyakit tumor otak.

1. Sakit kepala

Sakit kepala akibat tumor adalah gejala dini tumor otak yg dialami sekitar 50 persen penderitanya. Melansir Healthline, tumor otak bisa menekan saraf dan pembuluh darah di otak. Dampaknya, penderita dapat merasakan sakit kepala.

Ciri-ciri sakit kepala yang di sebabkan oleh tumor di dalam otak pada umumnya adalah sakit nyeri di kepala berkelanjutan, dan tidak mudah di hilangkan menggunakan obat painkiller.

Sakit kepala akibat tumor otak biasanya memilki rasa sakit yang sulit untuk di tahan jika di bandingkan dengan sakit kepala biasa, dan hal ini sering terjadi di waktu pagi hari.

Selain mengalami sakit kepala akibat tumor, gejala lain yang dapat di rasakan adalah di ikuti dengan rasa mual dan ingin muntah. Hal ini biasanya dapat bertambah parah saat kalian mealkukan olahraga, batuk , maupun hanya bergerak saja.

Hal yg perlu diingat, sakit kepala juga dapat jadi tanda masalah kesehatan lain. Contohnya Seperti:

  • stres
  • belum makan
  • kurang tidur
  • gegar otak
  • sampai stres

2. Kejang

Tanda tumor otak yg pantang diabaikan lainnya yakni kejang.

  • Tumor otak dapat menekan sel saraf di otak
  • mengganggu sinyal kelistrikan otak
  • dan memicu kejang.

Kejang biasanya jadi gejala dini tumor otak. Namun, tanda-tanda ini juga dapat muncul di tahap lain penyakit. Namun, kejang tidak selalu jadi gejala tumor otak. Penyebab kejang lainnya dapat karena masalah saraf, penyakit otak, atau efek samping obat tertentu.

3. Perubahan suasana hati

Untuk tumor yang muncul di otak dapat merusak  berbagai hal di mulai dari:

  • FungsiOtak
  • Kepribadian
  • Perilaku
  • Bahkan Suasana hati yang sensitif.

Penderita tumor otak biasanya akan mengalami mood swing yang sebelumnya tidak seperti itu. Dan akan membuat penderitnya lebih sensitif akan hal-hal kecil.

Tumor dpt mempengaruhi suasana hati sang penderita saat sel abnormal tumbuh di dekat otak besar dan kecil, lobus frontal, dan juga pada bagian lobus temporal. Perubahan suasana hati dapat menjadi gejala dini tumor otak. Namun, terkadang gejala ini muncul setelah perawatan medis berlangsung.

4. Mudah lupa dan sering bingung

Tumor yang tumbuh di bagian lobus frontal pada umumnya akan menyebabkan penderitanya menjadi lebih lupa, bahkan menjadi amnesia. Dan selain itu, tumor otak dapat merusak fungsi manusia dalam mengambil keputusan dan juga mengganggu penalaran.

Beberapa gejala dini tumor otak yg memengaruhi memori dan penalaran di antaranya susah konsentrasi, mudah bingung, sampai gampang lupa. Masalah-masalah seperti itu tidak hanya terjadi karena tumor otak saja.

Kurang vitamin sampai gangguan emosional juga dapat menyebabkan masalah kesehatan di atas.

5. Gampang lelah

Tubuh biasanya merasa kelelahan setelah melakukan aktivitas fisik yg berat. Anda perlu waspada Jika mudah lelah terjadi setiap saat tanpa penyebab yg jelas.

Terlebih jika rasa lelah itu membuat seluruh anggota tubuh terasa berat untuk digerakkan dan jadi doyan tidur sepanjang hari. Kondisi tersebut dapat jadi gejala dini tumor otak ganas.

Mudah lelah bukan hanya tanda penyakit tumor otak. Penyakit lain yang menyebabkan kelelahan contohnya adalah seperti auto imun, gangguan saraf, dan juga anemia.

6. Mual dan muntah

Gejala dini tumor otak yg khas lainnya yakni mual dan muntah. Kondisi tersebut dipengaruhi ketidakseimbangan hormon saat tumor berkembang.

Gejala seperti ini merupakan tahap lain dari penyakit tumor otak. Penyebabkan dapat jadi efek samping pengobatan.

7. Kesemutan dan mati rasa

Kasus tumor otak yang terjadi biasanya dapat di lihat dari mati rasa dan kesemutan yg sering terjadi pada bagian kaki dan juga tangan. Apabila gejala ini terjadi pada salah satu bagian tubuh saja, maka tumor yang menyerang pada otak hanya satu bagian saja.

Selain tumor otak, hal-hal seperti kesemutan dan jiuga mati rasa merupakan gejala dari berbagai penyakit lain seperti:

  • multiple sclerosis
  • diabetes neuropati
  • dan sindrom Guillain-Barre

8. Gejala lainnya

Gejala dini tumor otak lainnya juga dapat muncul berdasarkan lokasi tumbuhnya tumor.

Penderita dari tumor otak biasanya memiliki gangguan pada panca indera seperti pengelihatan, dan tumor yang tumbuh di bagian bawah ini dapat di temukan di kelenjar di bawah otak, lalu di saraf optik, dan juga lobus oksipital.

Orang yang mengalami tumor otak juga mengalami kesulitan dalam melakukan berbagai hal seperti:

  • berbicara
  • Membaca
  • dan menulis

Hal – hal diatas terjadi pada penderita tumor otak di bagian otak besar dan atau kecil, lobus temporal dan juga parietal. Penderita dapat mengalami gangguan pendengaran jika tumor berkembang di dekat saraf kranial dan lobus temporal.

Biasanya jika terdapat orang yang mengalami kesulitan menelan, tumor otak yang ia alami berada di otak kecil. Dan apabila ada tumor di bagian lobus frontal maka penderitanya akan mengalami kesulitan dalam menggerakkan tangan, lengan, tungkai, dan juga kaki.

Setiap orang perlu berkonsultasi ke dokter Jika mengalami gejala dini tumor otak di atas.Dokter biasanya melakukan test dan menyarankan pasiennya untuk melakuan beberapa hal di rumah sakit seperti:

  • CT Scan
  • MRI
  • Biopsi

Dan test-test diatas di lakukan untuk mengetahui lebih lanjut tentang tumor yang sedang di alami oleh penderitanya. Tumor otak dapat diobati dengan beragam cara, mulai dari operasi, radiasi, kemoterapi, atau pengobatan lainnya.

Aneka Jenis Tumor Otak

Berikut ini adalah beberapa aneka jenis tumor otak yang dapat tumbuh di otak kita. Ada banyak jenis tumor otak yg  dapat mengganggu keseharian masyrakat seperti berikut ini.

Neuroma Akustik

Tumor yang satu ini merupakan jenis tumor non – kanker yang biasanya tumbuh sangat lambat. Dan tumor ini dapat di temukan pada saraf utama dengan lokasi dekat di area telinga di dalam otak. Hal yang di sebabkan oleh tumor Neuroma Akustik ini biasanya adalah kehilangan keseimbangan dan juga pendengaran.

Astrositoma

Tumor Astrositoma adalah jenis tumor yg biasa tumbuh pada bagian sumsum tulang belakang di dekat kepala. Tumor ini berkembang dari sel astrofit yang biasanya bekerja untuk mendukung sel saraf. Gejala yang dapat di rasakan jika menderita tumor ini adalah seperti:

  • Sakit Kepala
  • Mual
  • dan juga Kejang

Metastatis Otak

Metastatis Otak merupakan jenis tumor yang di sebabkan akibat sel kanker yang menyebar dari tempat bagian tubuh lain ke dalam otak. Dan biasanya bagian tubuh yang menjadi sarang kanker berikut ini adalah penyebab metastatis Otak.

  • Kanker Paru-paru
  • Kanker Payudara
  • Lalu kanker Usus besar
  • Kanker Ginjal
  • dan Melanoma

Tumor yang satu ini akan menyebabkan berbagai gejala yang tidak dapat kita perkirakan. Dan itulah pembahasan tentang Gejala Dini Tumor Otak.