Bahaya Serangan Penyakit Jantung

09 Bahaya Serangan Penyakit JantungBahaya Serangan Penyakit Jantung, Jantung merupakan pompa berotot yg sedikit lebih besar dari kepalan tangan Anda. Ini merupakan salah satu otot terpenting Anda karena memompa darah ke seluruh tubuh Anda melalui sistem peredaran darah.

Darah Anda membawa oksigen, yg dibutuhkan oleh setiap sel dalam tubuh Anda, sepanjang waktu. Jantung Anda memompa darah yg kaya oksigen dari paru-paru ke jantung, dan kemudian ke seluruh tubuh.

Baca juga artikel kami yang lain tentang Gejala Awal Tumor Otak

Bahaya Serangan Penyakit Jantung

Apa itu serangan jantung?

Agar jantung Anda berfungsi dengan baik, dibutuhkan suplai darah yg baik. Serangan jantung terjadi ketika arteri koroner, yg memasok darah ke jantung Anda, tersumbat. Ini menghentikan aliran darah dan mengurangi jumlah oksigen yg sampai ke otot jantung Anda. Hal ini menyebabkan gejala serangan jantung yg paling umum, yaitu ketidaknyamanan atau nyeri dada dan bisa menyebar ke lengan, leher, rahang atau punggung. Tidak seperti angina, ketidaknyamanan ini sering berlangsung lebih dari 10 menit

Jantung Anda bisa rusak karena aliran darah yg terganggu akibat serangan jantung. Semakin lama penyumbatan tidak diobati, semakin banyak kerusakan yg terjadi. Tanpa perawatan segera untuk mengembalikan aliran darah, kerusakannya bisa permanen.

Serangan jantung bisa berakibat fatal. Setiap hari, rata-rata 21 orang Australia meninggal karena serangan jantung. Satu pasien dirawat di rumah sakit Australia dengan serangan jantung setiap sembilan menit.

Apa yg menyebabkan serangan jantung?

Penyebab paling umum dari serangan jantung merupakan penyakit jantung koroner. Ini terjadi ketika arteri koroner, yg memasok darah ke jantung Anda, menyempit karena penumpukan plak. Plak terbuat dari lemak, kolesterol dan bahan lainnya. Arteri yg menyempit menyebabkan berkurangnya jumlah aliran darah ke otot jantung Anda.

Selama serangan jantung, plak dari dinding arteri pecahdan bisa membentuk gumpalan. Hal ini bisa menghalangi aliran darah melalui arteri dan menyebabkan kerusakan pada otot jantung.

Penyebab lain Bahaya Serangan Penyakit Jantung selain penyumbatan

Tidak semua serangan jantung disebabkan oleh penyakit jantung koroner dan pecahnya plak.

Beberapa Bahaya Serangan Penyakit Jantung disebabkan ketika arteri koroner berkontraksi (kejang) dan menyempit. Seperti penyakit jantung koroner, ini juga mengurangi atau menghentikan aliran darah yg mencapai jantung Anda. Jika arteri mengalami kejang parah, bisa menyebabkan serangan jantung.

Serangan jantung juga bisa disebabkan oleh robeknya dinding arteri koroner (diseksi arteri koroner spontan).

Apa perbedaan antara serangan jantung dan henti jantung?

Serangan jantung

terjadi ketika arteri yg memasok darah ke jantung Anda tersumbat, yg menghentikan aliran darah dan mengurangi jumlah oksigen yg sampai ke jantung Anda.

Seseorang yg mengalami serangan jantung biasanya sadar dan mungkin mengeluh ketidaknyamanan dada atau nyeri atau gejala lainnya.

Bahaya Serangan Penyakit Jantung : Gagal jantung

Henti Jantung terjadi ketika jantung Anda berhenti berdetak karena kerusakan listrik.

Seseorang yg mengalami henti jantung akan tidak sadarkan diri (tidak mampu merespon) dan tidak akan bernapas. Ini karena jantung mereka tiba-tiba berhenti berdetak dan darah tidak bisa lagi mengalir ke otak, jantung, dan paru-paru.

Henti jantung merupakan keadaan darurat medis. Jika jantung tidak segera dihidupkan kembali, henti jantung bisa menyebabkan kerusakan otak dan kemudian kematian. Setiap detik berharga. Jika Anda menyaksikan serangan jantung, hubungi rumah sakit segera. Memberikan kompresi dada dan menggunakan defibrillator (AED) bisa meningkatkan peluang seseorang untuk bertahan hidup.

Tanda dan gejala peringatan Bahaya Serangan Penyakit Jantung

Mengenali gejala serangan jantung dan menelepon rumah sakit bisa menyelamatkan hidup Anda atau orang yg Anda cintai. Penting bagi setiap orang, baik pria maupun wanita, mengetahui tanda dan gejala peringatan serangan jantung, karena perawatan dini sangat penting. Semakin lama penyumbatan tidak diobati, semakin banyak kerusakan yg terjadi.

Tanda-tanda peringatan serangan jantung yg paling umum merupakan:

  • Ketidaknyamanan atau nyeri dada (angina). Ini bisa terasa seperti tekanan yg tidak nyaman, sakit, mati rasa, diremas, penuh atau nyeri di dada Anda. Ketidaknyamanan ini bisa menyebar ke lengan, leher, rahang atau punggung Anda. Itu bisa berlangsung selama beberapa menit atau datang dan pergi
  • Pusing, pusing, merasa pingsan atau merasa cemas
  • Mual, gangguan pencernaan, muntah
  • Sesak napas atau kesulitan bernapas – dengan atau tanpa rasa tidak nyaman di dada
  • Berkeringat atau keringat dingin.

Bagaimana Anda tahu jika Anda mengalami serangan jantung dan bukan sesuatu yg kurang serius?

Gejala serangan jantung bisa berbeda untuk setiap orang. Tidak ada dua serangan jantung yg sama, bahkan untuk orang yg sama. Anda mungkin hanya mempunyai satu, atau kombinasi gejala. Terkadang gejala serangan jantung bukanlah ‘nyeri dada yg menghancurkan’ klasik yg mungkin Anda harapkan.

Anda mungkin merasakan gejala yg kurang jelas, seperti rasa terbakar di dada dan sesak napas. Terkadang Anda mungkin tidak mempunyai ‘gejala tanda peringatan’ sama sekali. Bahkan, dokter Anda mungkin menemukan bahwa Anda telah mengalami serangan jantung diam-diam.

Bahaya Serangan Penyakit Jantung hanya bisa didiagnosis dengan tes medis. Satu-satunya cara untuk mengetahui apa yg Anda alami merupakan mencari bantuan segera. Paling buruk, Anda mungkin mempunyai sesuatu yg kurang serius. Paling-paling, Anda akan menerima perawatan yg Anda butuhkan.

Bagaimana Anda bisa mengurangi risiko terkena serangan jantung?

Mengetahui risiko penyakit jantung koroner merupakan langkah pertama untuk mengurangi risiko terkena serangan jantung. Namun banyak orang tidak tahu bahwa mereka berisiko. Lebih dari dua pertiga orang dewasa Australia, atau 12 juta orang, mempunyai tiga atau lebih faktor risiko serangan jantung1.

Cara terbaik untuk mengetahui risiko Anda terkena serangan jantung merupakan dengan menemui dokter jika Anda berusia di atas 45 tahun (atau 30 untuk orang Aborigin dan Penduduk Kepulauan Selat Torres).

Anda bisa mengurangi risiko Anda dengan membuat perubahan positif pada gaya hidup Anda dengan bantuan dokter Anda.

Bagaimana serangan jantung didiagnosis?

Serangan jantung merupakan keadaan darurat medis. Jika Anda mengalami gejala serangan jantung, hubungi rumah sakit dan mintalah ambulans. Ambulans merupakan cara teraman untuk pergi ke rumah sakit dan cara tercepat untuk berobat. Perawatan bisa dimulai ketika staf ambulans tiba, menghemat menit berharga dan mencegah kerusakan pada otot jantung Anda.

Setelah Anda sampai di rumah sakit, dokter Anda akan melakukan tes untuk mendiagnosis jika Anda mengalami serangan jantung.

Tes-tes ini juga akan mengukur jumlah kerusakan yg terjadi pada jantung Anda dan pengobatan terbaik yg harus diambil.

Tes ini meliputi:

  • Elektrokardiogram (EKG)
  • Tes darah
  • Kateterisasi koroner (angiogram)

Bagaimana Bahaya Serangan Penyakit Jantung?

Serangan jantung memerlukan perawatan darurat untuk mengembalikan aliran darah ke jantung Anda. Semakin cepat ini terjadi, semakin sedikit otot jantung yg rusak. Perawatan serangan jantung mungkin melibatkan obat-obatan atau operasi.

Obat untuk serangan jantung

Dokter Anda mungkin meresepkan beberapa obat untuk mengobati Bahaya Serangan Penyakit Jantung Anda. Sangat penting untuk tidak pernah berhenti minum obat Anda kecuali dokter atau ahli jantung Anda memberi tahu Anda untuk melakukannya.